Kerusakan Bumi (Kalteng) Akibat Daya Dukung Ekologi Semakin Hancur

Posted: April 20, 2009 in Uncategorized

solusi-pemanasanglobal-small

Proses perjuangan masyarakat dalam menyuarakan keadilan ekologi selalu dilakukan para aktivis yang peduli lingkungan, khususnya mereka yang konsen terhadap isu-isu lingkungan, namun hal itu belum cukup untuk merubah cara pandang masyarakat umum terhadap lingkungan, apalagi merubah kebijakan pemerintah yang merupakan salah satu faktor utama kerusakan lingkungan hidup termasuk di Kalteng.

Untuk menekan kebijakan lokal yang lebih berpihak pada lingkungan, dirasa penting untuk merangkul semua lapisan masyarakat, terutama golongan masyarakat sipil dan organisasi-organisasi sektoral yang selama ini menjadi agen perubahan, seperti golongan pemuda, mahasiswa, kaum tani, kelas buruh dan cendekiawan.
Kalangan ini harus dilibatkan dalam gerakan penyelamatan bumi dengan aksi nyata yang lebih progresif.

Perjuangan untuk memperoleh lingkungan yang lebih baik adalah perjuangan demokratis, yaitu perjuangan yang memiliki karakter luas, menghimpun segenap potensi demokratis massa di seluruh sektor, semua golongan untuk bersatu padu merebut hak-hak demokratis termasuk hak atas lingkungan yang selama ini belum dipenuhi oleh pemerintah yang berkuasa.

Dampak dari kerusakan ekologi akhir-akhir  ini yang diakibatkan tingginya emisi dan laju degradasi yang cepat mengakibatkan daya dukung ekologi semakin hancur, fakta tersebut karena diakibatkan negara-negara maju dengan industri dan konsumsi yang berlebihan dan isvestasi skala besar yang destruktif dan massif seperti perkebunan, tambang, HPH, energi dan eksploitasi gambut.

Dampak kerusakan ekologi sudah dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat dan mengancam keberlanjutan hidup umat manusia di bumi dengan terjadinya perubahan iklim yang mengakibatkan bencana dimana-mana seperti banjir, kekeringan, mencairnya es di kutub utara dan selatan karena meningkatnya suhu bumi dan mengancam ketahanan pangan masyarakat karena berpengaruh di sektor pertanian.
Dampak tersebut juga dirasakan oleh masyarakat yang ada di Kalteng, sehingga penting untuk menyuarakan keadilan iklim bagi masyarakat Kalteng dalam membendung kerusakan hutan.

Investasi Berbalik Menjadi Malapetaka

Persoalan lingkungan dari hari ke hari semakin pelik dan semakin parah kerusakannya. Hal ini diakibatkan kebijakan pemerintah yang lebih mengedepankan pertumbuhan ekonomi dari modal asing atau investasi dianggap sebagai dewa penolong, tapi dalam kenyataannya malah menjadi mala petaka bagi rakyat.

Bisa dibayangkan beberapa kerugian yang ditanggung oleh masyarakat dari pada untungnya dan tak terhitung jumlah penggusuran yang dilakukan perusahaan-perusahaan, baik perkebunan maupun perusahaan terhadap rakyat yang notabene telah tinggal lebih dulu dari berdirinya perusahaan tersebut.

Banyak sekali petani yang telah dan sedang akan kehilangan tanahnya akibat ulah rakus para pengusaha yang tidak bertanggung jawab, dan yang paling parah tindakan mereka mendapat restu dari pemerintah kita. Hal ini menunjukkan bahwa prilaku pemerintah juga sama-sama dinilai tidak bertanggung jawab mengenai kerusakan ini.

“Tidak ada yang lebih kejam dari pembunuhan kecuali mengingkari hak rakyat atas tanah dan menggusur rakyat dari tanahnya dengan cara yang semena-mena sehingga rakyat menjadi melarat dan jatuh miskin,” .

Masyarakat bisa lihat di sekitarnya, bencana alam telah dipanen dimana-mana akibat rusaknya alam menjadikan rakyat dihantui perasaan tidak menentu akibat ancaman bencana yang terus mengintai. Banyak petani kehilangan lahan garapan dan berubah menjadi miskin karena kehilangan pekerjaan, kalau pun ada pekerjaan mereka dipaksa untuk menjadi buruh upahan yang siap digaji murah tanpa jaminan kesejahteraan. (Alamsyah)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s