Wisata Kalteng Potensial

Posted: April 7, 2009 in Uncategorized

dscn0117Meski diakui belum berkembang, namun obyek wisata alam yang ada di Kalteng sangat berpotensi untuk mendatangkan turis dalam dan luar negeri. Yang perlu dilakukan sekarang adalah, mengolah potensi itu agar menjadi primadona yang mampu menarik wisatawan.

Salah satu caranya, membenahi sarana dan prasarana penunjang obyek wisata tersebut, seperti membuat program menarik, membenahi transportasi, membangun hotel yang nyaman serta menciptakan suasana kota yang aman dan nyaman bagi wisatawan yang datang.

Hal ini sangat penting, saat wisatawan datang untuk mengunjungi obyek wisata di Kalteng, mereka merasa nyaman dan enak. Sehingga kesan ini akhirnya tersebar baik diantara wisatawan dalam maupun luar negeri.

Untuk itu Pemerintah Kalteng diharapkan dalam membangun infrastruktur sebaiknya didasari dengan lokasi obyek wisata. Hal itu diyakini mampu memberikan manfaat yang baik bagi pembangunan daerah dan pengembangan obyek wisata itu sendiri.

Beberapa kawasan di Kalteng sebenarnya banyak yang berpotensi untuk berkembang, diantaranya kawasan Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) dan kawasan Arboretum Nyaru Menteng. Termasuk daerah pendalaman karena banyak obyek wisata yang cukup memikat, seperti Batu Suli Kabupaten Gumas, Daerah Pantai di Kotim atau wisata air terjun di daerah Barito.

Pemerintah Provinsi Kalteng memang tak hanya diam berpangku tangan untuk menggaet para wisatawan berkunjung ke Tambun Bungai, Pemprov  tengah gencar-gencarnya melakukan promosi wisata alam dan budaya Kalteng, baik kepada wisatawan dalam dan luar negeri, seperti promosi di Bali, Jakarta (Taman Mini Indonesia Indah) hingga ke New Zealand.

Termasuk berbagai event semisal  Festival Isen Mulang dan pagelaran Budaya Dayak Nasional.Diharapkan melalui ajang ini dapat tersebar luar dan menjadi magnet bagi wisatawan dalam maupun luar negeri untuk datang berkunjung dan mengenal Kalteng lebih dekat.

Selain promosi yang gencar saat ini Pemprov juga melakukan pembenahan sarana dan prasarana, termasuk pembinaan terhadap hotel-hotel yang ada disamping juga menginventarisir obyek wisata yang potensial. (Alamsyah)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s