Tantangan Sektor Pariwisata!!

Posted: April 7, 2009 in Uncategorized

n1067784167_30187096_2362Benar-benar sebuah tantangan bagi kita semua masyarakat Kalteng guna mendukung sektor pariwisata untuk meraih devisa.

Data Pusat Pengelolaan Data dan Sistem Jaringan, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, sekitar 80 persen atau 4,4 juta orang dari total wisman yang datang ke Indonesia itu merupakan wisatawan yang sudah pernah datang. Itu berarti, wisman yang datang loyal atau senang terhadap pariwisata Indonesia.

Wisman tersebut datang dari 12 pasar wisata utama Indonesia. Jumlah terbanyak berasal dari Singapura, yakni 1,46 juta orang. Kemudian Malaysia 941.202 orang, Jepang 593.784 orang, Australia 313.881 orang, Eropa dan Rusia 528.171 orang, Korea Selatan 423.098 orang, Cina dan Hong Kong 335.172 orang. Wisman asal Amerika Serikat sebanyak 154.846 orang, India 151.704 orang, Timur Tengah 45.735 orang dan Thailand 24.735 orang.

Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada 2007 tercatat sebanyak 5,5 juta orang. Angka itu menjadi rekor tertinggi jumlah kunjungan wisatawan selama 10 tahun terakhir. Menggembirakan lagi, kunjungan wisatawan itu memberikan pemasukan devisa bagi negara sebanyak 5,3 miliar dolar AS, atau setara Rp 45 triliun.

Departemen Kebudayaan dan Pariwisata menargetkan kunjungan wisman pada 2008 sebanyak tujuh juta orang. Begitu pula, perkiraan pemasukan devisa sebesar 6,7 miliar dolar AS. Pemerintah optimis dapat mencapai target tersebut lewat program Tahun Kunjungan Wisata 2008 (Visit Indonesia Year 2008).

Kembali ke Kalteng, sebenarnya Pempro Kalteng telah menjalin kerjasama dengan Jatim dan Bali, akan tetapi muncul sedikit pertanyaan sudahkah tempat-tempat wisata tersebut dibenahi?. Luas Wilayah : 153.564 Km2 terdiri dari hutan belantara 126.200 Km2, rawa 18.115 Km2, sungai, danau dan genangan 4.563 Km2, tanah lainnya 4.686 Km2. Potensi meliputi obyek wisata yang berbasis Ekowisata (EcoTourism) tersebar di Kabupaten/Kota se-kalimantan Tengah dan obyek Wisata Budaya dimana masing-masing Kabupaten/kota mempunyai kalender kegiatan (Agenda Budaya) yang puncak acaranya adalah FBIM yang dilaksanakan pada 19-24 Mei setiap tahunnya dan Wisata Sejarah.

Memang data Dinas Pariwisata telah melakukan pendataan terhadap potensi yang ada, yang secara total berjumlah 53 potensi obyek wisata, tersebar di Kalteng. Kabupaten Kotim, Kobar dan Seruyan dinilai memiliki cukup banyak potensi, terutama laut dan tradisinya. Dari 3 (tiga) obyek wisata hanya Eko Wisata dan Wisata Budaya yang sudah mulai tertata akan tetapi Wisata Sejarah masih belum tergarap.

Sebagai contoh keberadaan Rumah Betang yang tidak terpelihara yang tentunya memerlukan perhatian yang sangat serius dari pihak terkait. Melihat contoh Rumah Betang Tumbang Gagu yang berusia 130 tahun merupakan aset wisata budaya dan sejarah yang tiada terkira nilainya sudah memasuki saat kritis, karena termakan usia, tentu ini sangat memerlukan perhatian kita untuk mempertahankannya.

Bagi yang pernah datang ke Betang Gagu kita hanya melihat bangunan tua terbuat dari kayu ulin yang menunggu nasib akan kehancuran bangunannya. Padahal jika, kita benahi Betang Gagu merupakan satu-satunya bangunan yang paling di kenal di manca negara karena keaslian bangunannya. Pada situs Internet malah daerah lain dan manca negara yang lebih dulu mempromosikan Betang Gagu sebagai bangunan terunik dan khas Kalimantan Tengah.

Mungkin ini hanya sebagian sedikit contoh sebagai masukan bagi pihak terkait agar apabila ada yang datang berkunjung kita tidak merasa rendah diri terhadap apa yang kita miliki. Semoga apa yang menjadi harapan kita untuk Kalteng yang kaya akan potensi alam, situs sejarah baik di darat maupun sungainya, dimana kekhasan tidak semua daerah yang memilikinya bisa mensejahterakan masyarakat Kalteng. (Alamsyah)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s